Adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :
Simbol | Nama Simbol | Keterangan |
---|---|---|
Terminal | sebagai awal (berisi ‘Start’/’Mulai’) dan sebagai akhir (berisi ‘End’/’Stop’/’Selesai’). | |
Input/Output | Membaca masukan (input) atau menampilkan keluaran (output). | |
Proses/Prosessing | Mengolah data melalui operasi aritmatika dan logika. | |
Decision/(kotak keputusan) | Berfungsi untuk memutuskan arah/percabangan yang diambil sesuai dengan kondisi yang dipenuhi, yaitu Benar/Salah. | |
Subroutine/subrutin | Untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur. | |
On page Connector | untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama. | |
Flowline/Alur data | Bagian arah instruksi yang dijalankan. | |
Off page Coneector | Menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain. | |
Preparation | Digunakan untuk pemberian harga awal. |
Diagram Alir Program Komputer
Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :
- Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
- Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
- Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.
Flowchart terdiri dari tiga struktur
- Struktur Sequence / Struktur Sederhana Digunakan untuk program yang instruksinya sequential atau urutan
Contoh Flowchart Struktur Squence Menghitung Luas Segitiga
Menggunakan Tabel Penyimpanan
Tabel 1. Media Penyimpanan Sequence 1
Perintah | A | B | Output |
---|---|---|---|
A <- 10 | 10 | ||
A <- 2*A | 20 | ||
B <- A | 20 | ||
Write(B) | 20 |
Tabel 2. Media Penyimpanan Sequence 2
Perintah | X | Y | Z | Output |
---|---|---|---|---|
X <- 100 | 100 | |||
Y <- X-25 | 75 | |||
Z <- Y/5 | 15 | |||
X <- X/(Z+5) | 5 | |||
Write(X,Y,Z) |
Menjumlahkan Dua Bilangan Positif
Membuat flowchart untuk menjumlahkan dua bilangan bulat positip dan mencetak hasilnya Algoritmanya:
- Masukkan bilangan a
- Masukkan bilangan b
- Jumlahkan bilangan a dan b
-
Cetak hasil jumlahnya
Menentukan Bilangan Genap/Ganjil
Struktur Branching Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi.(contoh menentukan bilangangenap/ganjil)
Algoritmanya:
- Masukkan sebuah bilangan
- Bagi bilangan tersebut dengan 2
- Jika sisa pembagian = 0 maka bilangan tersebut adalah bilangan genap
- Jika sisa pembagian = 1 maka bilangan tersebut adalah bilangan ganjil
Pseuducode:
read bilangan
If bil mod 2 = 0 then
“Bilangan Genap”
Else
“Bilangan Ganjil”
Flowchart Perulangan
Stuktur Looping Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.
Comments