Adalah suatu diagram yang menggambarkan susunan logika suatu program Simbol simbol yang digunakan adalah sebagai berikut :

Simbol Nama Simbol Keterangan
image Terminal sebagai awal (berisi ‘Start’/’Mulai’) dan sebagai akhir (berisi ‘End’/’Stop’/’Selesai’).
image Input/Output Membaca masukan (input) atau menampilkan keluaran (output).
image Proses/Prosessing Mengolah data melalui operasi aritmatika dan logika.
image Decision/(kotak keputusan) Berfungsi untuk memutuskan arah/percabangan yang diambil sesuai dengan kondisi yang dipenuhi, yaitu Benar/Salah.
image Subroutine/subrutin Untuk menjalankan proses suatu bagian (sub program) atau prosedur.
image On page Connector untuk menghubungkan diagram alur yang terputus dimana bagian tersebut masih berada pada halaman yang sama.
image Flowline/Alur data Bagian arah instruksi yang dijalankan.
image Off page Coneector Menghubungkan sambungan dari bagian flowchart yang terputus dimana sambungannya berada pada halaman lain.
image Preparation Digunakan untuk pemberian harga awal.

Diagram Alir Program Komputer

Pada dasarnya suatu program komputer umumnya terdiri atas :

  1. Pembacaan / pemasukan data ke dalam komputer
  2. Melakukan komputasi/perhitungan terhadap data tersebut
  3. Mengeluarkan / mencetak/ menampilkan hasilnya.

Flowchart terdiri dari tiga struktur

  1. Struktur Sequence / Struktur Sederhana Digunakan untuk program yang instruksinya sequential atau urutan

image

Contoh Flowchart Struktur Squence Menghitung Luas Segitiga

image

Menggunakan Tabel Penyimpanan

Tabel 1. Media Penyimpanan Sequence 1

Perintah A B Output
A <- 10 10    
A <- 2*A 20    
B <- A   20  
Write(B)     20

Tabel 2. Media Penyimpanan Sequence 2

Perintah X Y Z Output
X <- 100 100      
Y <- X-25   75    
Z <- Y/5     15  
X <- X/(Z+5) 5      
Write(X,Y,Z)        

Menjumlahkan Dua Bilangan Positif

Membuat flowchart untuk menjumlahkan dua bilangan bulat positip dan mencetak hasilnya Algoritmanya:

  • Masukkan bilangan a
  • Masukkan bilangan b
  • Jumlahkan bilangan a dan b
  • Cetak hasil jumlahnya

    image

Menentukan Bilangan Genap/Ganjil

Struktur Branching Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi.(contoh menentukan bilangangenap/ganjil)

image-right

Algoritmanya:

  1. Masukkan sebuah bilangan
  2. Bagi bilangan tersebut dengan 2
  3. Jika sisa pembagian = 0 maka bilangan tersebut adalah bilangan genap
  4. Jika sisa pembagian = 1 maka bilangan tersebut adalah bilangan ganjil

Pseuducode:

read bilangan
If bil mod 2 = 0 then
“Bilangan Genap”
Else
“Bilangan Ganjil”

image

Flowchart Perulangan

Stuktur Looping Digunakan untuk program yang instruksinya akan dieksekusi berulang-ulang.

image

Updated:

Comments